Thursday, September 6, 2012

Puncak Acara Dies Natalis ke-28 UT


Puncak Acara Dies Natalis ke-28 UT

sambutan-wamen-rektor-dies-natalis-ut-28-peresmian-gedung-upbjj
Rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis UT ke 28 yang bertemakan “UT: Gerbang Masa Depan Bangsa” ini telah dimulai sejak tanggal 2 Mei 2012 dengan berbagai acara seperti: pertandingan antar unit untuk berbagai jenis olah raga termasuk sepeda santai dan memancing; bakti sosial berupa khitanan anak, pengobatan gratis bagi warga sekitar UT, dan bazar murah barang bekas berkualitas; seminar nasional; serta pemberian penghargaan UT dan Rector Award. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Dies ini selain diselenggarakan di kantor UT Pusat juga dilangsungkan di kantor-kantor UPBJJ-UT di seluruh Indonesia. Seluruh rangkaian acara tersebut berujung pada acara puncak dies natalis ke-28 UT, yang terselenggara di Universitas Terbuka Convention Centre (UTCC) Pondok Cabe, 4 September 2012.
Acara puncak dies natalis kali ini dihadiri oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Sesditjen mewakili Dirjen DIKTI, Gubernur Sulawesi Tengah, Para anggota Senat UT, Para Rektor UT Periode 1984 – 2009, Para anggota Dewan Penyantun, Para Pembantu Rektor dan Dekan periode 1984-2009, Para pimpinan mitra kerja UT, Pimpinan IKA-UT Pusat (DR. Ir. Maulana Ali, S.IP,M.Sc/Gubernur Bangka Belitung) dan para penerima UT/Rector Award serta penerima beasiswa (Bidikmisi, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, PT. Pos Indonesia dan UT) . Para Kepala UPBJJ-UT serta Pejabat Daerah di UPBJJ-UT Medan, Padang, Manado, Kendari, Gorontalo, Majene, dan Jayapura, juga mengikuti acara tersebut melalui video confenrence. Mahasiswa dan masyarakat umum juga dapat menyaksikan langsung acara tersebut melalui video streaming di halaman http://student.ut.ac.id
Dalam kesempatan tersebut, Rektor UT menyampaikan perkembangan yang telah dicapai Universitas Terbuka sampai dengan saat ini. Beliau mengatakan bahwa, saat ini UT memiliki 33 Program Studi yang ditawarkan oleh 4 fakultas dan 1 program Pascasarjana. Pada saat ini UT juga sedang mengembangkan beberapa program studi (PS) baru untuk jenjang S1, yaitu PS Ilmu Hukum, Ekonomi dan Manajemen Syariah, Pendidikan Olah Raga; serta untuk jenjang S2, yaitu PENDAS, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Disamping itu, untuk merespon permintaan dari berbagai kalangan, UT juga telah menawarkan beragam Program Pendidikan Berkelanjutan (continuing education) seperti Program Pemerintahan Umum Desa, Keterampilan Manajemen Desa, Kepemimpinan Desa, Statistika Pemerintahan Desa, Kearsipan Desa, Ketanahan dan Wilayah Desa, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Program Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru, Ketata-usahaan Sekolah, dan Bahasa Inggris. UT secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan kualitas akademik dan kualitas layanan kepada mahasiswa. Berbagai bentuk layanan bantuan belajar kembangkan untuk meningkan kualitas proses belajar mandiri mahasiswa.
Pada acara tersebut juga diluncurkan buku “28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa” yang merupakan seri lanjutan dari buku “Serving Indonesia” yang telah diterbitkan dalam bahasa Inggris. Buku tersebut disusun sebagai ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan kami kepada para tokoh UTyang telah berperan dalam mengembangkan unit yang dipimpinnya sejak UT berdiri hingga sekarang. Tokoh-tokoh yang diangkat dalam buku tersebut adalah individu-individu yang secara nyata dan sungguh-sungguh telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan dan kemajuan UT.
Wakil Menteri, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S. dalam sambutannya menyampaikan bahwa UT harus mampu melayani daerah terdepan, terpencil dan tertinggal. Beliau juga menyampaikan bahwa UT perlu berbenah diri, meningkatkan kerjasama yang baik dan harmonis dengan Perguruan Tinggi Negeri, maupun Perguruan Tinggi Swasta yang ada di daerah. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Para Gubernur atas kerja sama yang baik dengan UT, sehingga UT dapat berhasil seperti sekarang. Beliau juga mengharapkan UT selalu meningkatkan upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas secara berkelajutan.
penyerahan-buku-penghargaan-beasiswa-dies-natalis-28-ut
Dalam rangkaian acara puncak Dies Natalis yang ke 28 ini, juga diresmikan 3 gedung di kantor UT Pusat, yaitu Rektorat, BAAPM, dan LPBAUSI serta 7 gedung UPBJJ-UT yaitu; UPBJJ-UT Medan, Padang, Manado, Kendari, Gorontalo, Majene, dan Jayapura. Gedung-gedung tersebut diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dan beasiswa beasiswa Bidikmisi dan beasiswa dari CSR mitra-mitra kerja UT.
Puncak Dies Natalis ke 28 UT juga menampilkan hiburan berupa kreasi seni Opera Van Pondok Cabe yang dibawakan dengan meriah oleh karyawan UT. Selain itu artis legendaris Koes Plus, membawa pengunjung ke kenangan masa lalu dengan beberapa lagu adalannya.

0 comments:

Post a Comment